Home » » DILEMA KORUPSI DI INDONESIA

DILEMA KORUPSI DI INDONESIA

Written By KAMMI BABEL on Selasa, 17 Juli 2012 | Selasa, Juli 17, 2012


 Tonnie Melfiansyah
KETUA KOMISARIAT KAMMI DEPATI AMIR BABEL
Dipublikasikan di Harian Babel Pos, Selasa 17 Juli 2012

Sungguh ironis kondisi bangsa saat ini, ditengah – tengah kondisi bangsa yang semakin memprihatikan. Masalah – masalah yang di alami bangsa tak pelak bagaikan hujan peluru yang selalu menyerang bangsa ini di seluruh sendi – sendi kehidupan bangsa ini. Sekian banyak masalah yang dihadapi bangsa ini, memberikan efek yang sangat besar terhadap bangsa ini. Publik  mungkin mengetahui salah satu masalah yang di hadapi  bangsa saat ini adalah masalah korupsi

Korupsi bagaikan momok yang menakutkan bagi bangsa ini. Selain sebagai salah satu masalah yang mungkin dihadapi seluruh Negara di belahan dnunia. Korupsi di Indonesia sangat memprihatikankan. Jika di analogikan ibaratnya sebuah tubuh, bangsa Indonesia juga sedang terjangkiti penyakit yang gawat bin darurat, yaitu Korupsi. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, begitu banyak anugerah yang di berikan negeri ini. Mulai dari suku, agama, ras dan lebih yang luar biasanya lagi adalah kekayaan sumber daya alam ( SDA ) yang dimiliki bangsa kita saat ini.
Definisi korupsi
Secara etomologis, Korupsi berasal dari bahasa latin yaitu corruption. Kata ini sendiri punya kata kerja  corumpere yang arti busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalikkan  atau menyogok. Semetara menurut transparency international korupsi adalah prilaku pejabat public yang memperkaya diri. Dalam tatanan perundangan – undangan( UU) No.30 tahun 1999 jo tentang jenis – jenis tindak pidana korupsi. Secara jelas sudah dapat kita ketahui bersama korupsi adalah perbuatan yang sangat tidak terhormat. Korup, adalah busuk ; palsu ; suap ( Kamus Bahasa Indonesia, 1991 )
Perkembangan korupsi di Indonesia sangatlah pesat. Hal tersebut secara lansung sangat berdampak bagi seluruh penduduk bangsa Indonesia. Hampir semua lembaga Negara  terindikasi korupsi, baik itu eksekutif, legislative maupun yudikatif. Dan bahkan lebih hebatnya lagi korupsi di Indonesia sudah terjadi di semua instansi – instansi pemerintah dari pusat maupun daerah. Asumsi yang berkembang di seluruh lapisan masyarakat adalah “ korupsi di Indonesia telah menjadi kebudayaan ( culture of corruption ) artinya penduduk Indonesia telah prustasi dengan kondisi bangsa ini, yang dalam proses berjalan di pegang oleh kekuasaan yang di amanahi oleh rakyat Indonesia tetapi malah terjebak skandal korupsi.
            Lebih parahnya lagi, Publik dikejutkan dengan pemberitaan yang membuat seluruh penduduk Indonesia harus menahan emosi dan kekecewaan yang sangat lauarbiasa. Indikasi korupsi tersebut muncul dari lingkungan Kementrian Agama Republik Indonesia ( KEMENAG RI ). Pemberitaan yang muncul di media massa maupun cetak membuat geram. Yaitu korupsi pengadaan Al qur’an yang sekitar 4 milyar dari total proyek yang lebih besar dari itu. Sungguh luarbiasa dan tidak di sangka – sangka pengadaan Al – qur’an juga menjadi Lahan Basah bagi Koruptor..
KORUPSI DALAM PANDANGAN ISLAM
Sebagai suatu agama yang mengatur kehidupan umatnya dalam dimensi akhirat ( ukhrowi ) maupun dimensi duniawi, Islam adalah agama yang memberikan aturan yang sangat tegas dalam menjalani kehidupan manusia baik dalam hal aqidah, muamallah maupun dalam hal penyelenggaraan pemerintahan. Islam memberikan rambu – rambu yang sangat jelas. Sama hal ya seperti kasus korupsi, dimana hal tersebut sangat berdampak pada penyelenggaran Negara yang besih. Islam mengharamkan korupsi dalam bentuk apapun “ Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain diantara kamu dengan jalan yang bathil dan ( janganlah ) kamu membawa ( urusan ) urusan harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan ( jalan berbuat) dosa, Padahal kamu mengetahui ( QS. Al – Baqarah : 188 ) “.
 tidak hanya itu, Dalam hukum islam yang lain, Yaitu Al hadist “ Tidah halal bagi seseorang  mengambil harta saudara – saudaranya kecuali dengan kerelaan saudaranya itu ( H.R. Imam Akhmad ).  Islam sebagai agama yang dalam praktik ya sangat jelas mengharamkan yang namanya korupsi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun yang menjadi pertanyaan Besar kita bersama, kenapa Negara yang mayoritasnya muslim tapi korupsi malah merajalela..?
Berharap Kepada KPK ( Komisi Pemberantasan Korupsi )
Sejak dibentuk pada tahun 2003, dengan dasar Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) selalu menjadi perhatian oleh semua kalangan, baik yang Pro maupun kontra. Hal senada tentu sangatlah wajar, karena sebagai alam negara yang demokrasi memiliki kebebasan untuk menyampaikan pendapat. Akan tetapi tidak sedikit juga sejumlah kalangan yang mempertanyakan kinerja dari KPK. Seperti yang kita ketahui bersama, sejauh ini Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) dalam melaksanakan tugasnya memberantas korupsi telah menyeret dan memenjarakan 40 orang anggota DPR-RI dan 8 orang menteri yang terlibat kasus pidana korupsi.
Angka yang sangat besar ketika kita bicara Kinerja dari Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ). Akan tetapi, angka prestasi tersebut tidak membuat korupsi di negeri ini berkurang. Bahkan menurut data yang terakhir Dalam dua tahun terakhir, indeks persepsi korupsi Indonesia versi Transparency International (TI) berada pada angka 2,8 dengan rangking 110 dari 178 negara pada tahun 2009 dan angka 2,8 dengan rangking 110 dari 180 negara terkorup pada tahun 2010. Sedangkan versi Political and Economic Risk Consultantcy Ltd (PERC), Indonesia memiliki indeks persepsi korupsi 8,32 pada tahun 2009 dan 9,10 pada tahun 2010, serta menempatkannya sebagai negara terkorup di Asia yang berada di bawah Vietnam dan Filipina. Angka yang sangat luarbiasa yang dimiliki bangsa ini. Masalah baru muncul lagi, Ketika Pihak KPK meminta pembangunan Gedung baru yang terkesan di halangi oleh DPR, Sehingga bermunculan simpati dari Semua Kalangan.
            KPK ( Komisi Pemberantasan Korupsi ) yang dalam hal ini di beri amanah oleh Undang – undang dan seluruh rakyat Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia masih berharap sangat besar terhadap Pemberantasan korupsi di negeri ini. Lebih jauh lagi sebenarnya korupsi dapat diatasi oleh setiap pribadi – pribadi bangsa Indonesia itu sendiri. Semoga korupsi bisa di berantas sampai keakar – akarnya !!!


Share this article :

0 komentar:

KAMMI BABEL

Foto saya
Pengurus Komisariat KAMMI Depati Amir Bangka Belitung. Berdiri Januari 2012 (belum satu tahun), terus bergerak untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Bangsa.

Anda Pengunjung ke


web counter