Home » » PERAN KAMMI SEBAGAI ORGANISASI EKSTERNAL KAMPUS

PERAN KAMMI SEBAGAI ORGANISASI EKSTERNAL KAMPUS

Written By KAMMI BABEL on Kamis, 05 April 2012 | Kamis, April 05, 2012


Jaya Jailani
Sekjend PK KAMMI Depati Amir, Bangka Belitung

Organisasi merupakan suatu wadah untuk menampung segala kapasitas dan kapabilitas kemampuan diri kita, agar dapat diexspresikan menjadi suatu hal yang dapat dirasakan manfaatnya bagi diri sendiri dan orang lain. Begitu pentingnya peran suatu organisasi didalam kehidupan, dari mulai kehidupan berkeluarga, kehidupan bermasyarakat, kehidupan berbangsa, hingga kehidupan beragama sekalipun, tidak terlepas dariyang namanya organisasi.
Organisasi begitu dibutuhkan oleh seluruh elemen lapisan masyarakat, baik dari sektor ekonomi, politik, hukum, pendidikan dan sebagainya. Semua pastilah bergantung pada struktur organisasi yang dimilikinya agar dapat menjalankan suatu visi dan misinya.Berbicara menggenai organisasi, berarti kita berbicara intelektulitas, integeritas dan existensitas. Di sektor pendidikan, organisasi meliputi seluruh lapisan dunia pendidikan, termasuk perguruan tinggi di bangsa ini.
 Organisasi di internal kampus sangatlah penting untuk membantu semua civita akademika ruang lingkup suatu kampus, tanpa adanya organisasi di internal kampus, dapat dipastikan cepat atau lambat kampus tersebut akan runtuh. Sama halnya dengan organisasi external kampus yang begitu di butuhkan konstribusinya, tanpa organisasikan external kampus, maka suatu kampus akan mengalami krisis existensitas.
Sebagai Negara yang berkependudukan muslim terbanyak diseluruh dunia, Indonesia juga merupakan Negara yang paling banyak menciptakan organisasi-organisasi Islam. Mulai dari organisasi islam yang kontemporer sampai organisasi Islam yang modern hingga sekarang.
Kesatuan Aksi Mahasisiwa Muslim Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan KAMMI adalah salah satu contoh organisasi sekarang yang lahir pasca era reformasi 1998. Hadirnya KAMMI ditengah-tengah mahasiswa saat ini sangat berperan penting, dengan berbagai bentuk aksi yang dilakukan KAMMI hingga berhasil menundukkan rezim Suharto yang tidak pernah hilang dari ingatan setiap manusia yang tinggal di negri ini dan KAMMI bahkan telah menyaksikan dan secara langsung mengukir sejarah abadi era reformasi pada saat itu, hingga saat ini pun KAMMI masih menjadi organisasi yang siap untuk membela kepentingan rakyat dan menyampaikan secara langsung aspirasi yang diinginkan oleh rakyat.
Sebagai aktivis mahasiswa hadirnya KAMMI sangat sejalan dengan tujuan hidup seorang aktivis mahasiswa yang ingin belajar tentang tatacara berdemokrasi yang indah di negri ini. KAMMI sekarang menjadi organisasi ekstenal kampus yang mengedepankan integeritas seorang mahasiswa yang dapat menciptakan suatu existensitas aktivis dakwah kampus menjadi aktivis yang bermartabat dan mempunyai intelektual yang dapat diaplikasikan keseluruh mahasiswa yang ada di kampus.
KAMMI menjadikan organisasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa yang berkomitmen untuk menjadi aktivis dakwah kampus demi memperoleh segala yang berhubungan dengan kegiatan dakwah. Sebagai mahasiswa yang mengedepankan aktivitas dakwah, KAMMI berhasil untuk melengkapi segala ativitas dakwah yang dibutuhkan oleh ADK(aktivis dakwah kampus)
Kini KAMMI berevolusi dan berinovasi menjadi organisasi yang dipercaya oleh mahasiswa dan masyarakat luar kampus yang merasa aspirasinya terwakili oleh aktivis KAMMI. Kader-kader KAMMI tentunya jangan berbangga diri terlebih dahulu, karena masih banyak hal-hal yang menjadi PR atau evaluasi untuk para kader terkait berbagai aksi yang telah dijalankan oleh civitas KAMMI.
Tentu masih banyak yang harus diperbaiki didalam struktur organisasi dalam kepengurusan KAMMI disetiap periode yang dijalankan hingga batas akhir jabatan, baik masalah internal maupun masalah eksternal yang terkadang membuat konsenterasi terganggu dalam menjalankan sebuah tugas dakwah.
Keindependenan KAMMI pun harus tetap dijaga dalam hal politik, supaya KAMMI tetap menjadi organisasi yang netral dan dipercayakan oleh seluruh kalangan yang mendukung seluruh kegiatan KAMMI.
Sebagai salah satu organisasi Islam yang pro-aktif bukan profokatif, KAMMI harus selalu mengedepankan tugas-tugas yang berhubungan dengan dakwah dibandingkan tugas-tugas kampus yang terkadang selalu membebani setiap mahasiswa, profesionalitas sangatlah dibutuhkan kader-kader KAMMI dalam menentukan segala hal yang behubungan dengan organisasi. Namun, KAMMI pun tentunya harus selalu mendukung penuh setiap kadernya yang masih berjuang untuk memperoleh prestasi terbaik di kampusnya masing-masing, agar terjalin keseimbangan yang baik antara aktivitas dilur dengan aktivitas di kampus.
Seiring berjalannya waktu di setiap fase atau pun zaman, KAMMI tak henti-hentinya menciptakan kegiatan-kegitan yang selalu mengedepankan rakyat dan dakwah. Banyak rintangan yang terus berusaha untuk menghadang, namun disana lah letak sebuah perjuangan KAMMI untuk terus melawan dan melewati setiap duri-duri yang behamburan di setiap langkah.
Perjalanan masih belum selesai sampai akhir hayat menjemput, pekerjaan-pekerjaan yang menumpuk menunggu untuk di tuntaskan, namun KAMMI tetap gigih untuk mempertahankan amanah yang dipercayakan oleh masyarakat dan mahasiswa agar selalu bekerja secara konsisten demi menciptakan pandangan-pandangan yang positif dimata rakyat.
Teruslah berkarya untuk bangsa ini agar selalu dikenang, jangan terkendala oleh satu jarum karena jarum-jarum yang lain masih banyak yang harus dipatahkan, terus lah berjuang demi negri ini agar menjadi organisasi yang selalu dibutuhkan oleh rakyat. “BERGERAK TIADA HENTI, TUNTASKAN PERUBAHAN”, jangan bernostalgia dengan sebuah motto, tapi   aplikasikanlah kepada setiap jiwa seorang kader KAMMI.  
Share this article :

0 komentar:

KAMMI BABEL

Foto saya
Pengurus Komisariat KAMMI Depati Amir Bangka Belitung. Berdiri Januari 2012 (belum satu tahun), terus bergerak untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Bangsa.

Anda Pengunjung ke


web counter