Home » » Kontribusi KAMMI Untuk Negeri

Kontribusi KAMMI Untuk Negeri

Written By KAMMI BABEL on Rabu, 02 Mei 2012 | Rabu, Mei 02, 2012


Satria Kurniawan
Kader Komisariat KAMMI Depati Amir Bangka Belitung

Organisasi diciptakan untuk memberikan manfaat atau dampak bagi kepentingan orang banyak. Begitu banyak organisasi yang telah diciptakan dari zaman orde baru, orde lama hingga ke zaman reformasi sampai sekarang. Oleh karena itu, organisasi seakan sudah merasuk kedalam jiwa dan raga seseorang sehingga rela mengorbankan banyak waktunya untu mengurusi kepentingan-kepentingan organisasi tersebut. Banyak yang beranggapan kalau organisasi adalah diciptakan hanya untuk kepentingan individu-individu saja. Apakah benar organisasi itu diciptakan untuk membantu kepentingan orang banyak?

Jika benar, apa konstribusi suatu organisasi itu?

Terkait dengan beberapa pertanyaan di atas, sikap organisasi haruslah menjadi motor penggerak dalam suatu kepentingan yang bermanfaat. Hadirnya organisasi-organisasi di internal dan eksternal kampus, adalah sebagai bukti bahwa sebenarnya setiap intansi-intansi yang berdiri di negeri ini tak ter lepas dari yang namanya organisasi, terkhususnya di civitas akdemika perguruan tinggi.
Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia atau yang lebih di kenal dengan KAMMI berusaha menjawab segala pertanyaan, keraguan dan fungsi organisasi dalam memberikan konstribusi yang nyata dalam pengabdianya. Di dunia kampus, KAMMI hadir sebagai wajiha-wajiha yang fungsional sesuai dengan perannya sebagai salah satu organisasi keIslaman yang tersebar hampir ke seluruh perguruan tinggi yang terdapat di Indonesia.
Di perguruan tinggi favorit di Indonesia, sperti UI, UGM, ITB, UNSRI, dsb, sangat banyak kader-kader yang di ciptakan oleh KAMMI, ini semua tak terlepas dari ideology yang dimiliki oleh KAMMI sehingga membuka paradigma-paradigma mahasiswa  yang tersebar diseluruh  pelosok pertiwi  menjadi mahasiswa yang visioner dalam menyikapi realitas berkehidupan di Indonesia.
Hadirnya KAMMI sebagai salah satu organsasi eks kampus yang saat ini mejadi organisasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa dalam membentuk karakte mereka yang Islami. Banyak mahasiswa yang lahir dari KAMMI menajadi tokoh yang dipercaya masyarakat luas, mulai dari anggota eksekutif, legislatif dan yudikatif di negri ini.
Ini membuktikan bahwa KAMMI memberikan manfaat yang luar biasa besarnya dalam kehidupan bernegara.Membentukan karakter diri seorang mahasiswa yang Islami hingga menjadi bagian penting kehidupan kenegaraan. “Muslim negarawan”, sangatlah pantas menghiasi organ jiwa dan raga dalam diri kader KAMMI.
Berbicara masalah Muslim negarawan, berarti kita membahas tentang  seorang muslim yang peka terhadap segala kebijakan dan peraturan pemerintah sebagai penguasa tertinggi Negara. Siapa yang akan mengoreksi tugas-tugas pemerintah, kalau bukan kita sebagai rakyatnya. Seharusnya rakyatlah yang menggenggam kekuasaan tertinggi di setiap Negara-negara di seluruh belahan bumi.
Berkaca kepada era reformasi yang telah berhasil menggulingkan semua rezim soeharto tahun 1998, yang tat kala itu Indonesia adalah salah satu Negara yang membuktikan bahwa rakyat adalah memiliki kekuasaan tertinggi bukan lah seorang presiden atau pemerintah. Lalu pada saat ini, Negara-negara di jazira arab atau timur tengah sudah siap melakukan reformasi dan berusaha untuk menggulingkan kepemerintahan yang memimpin sekarang, sampai ke kepala pemerintahan alias presidennya.
Seperti yang dilakukan oleh rakyat indonesia 14 tahun lalu, Negara –negara di timur tengah saat ini melakukan proses reformasi,  banyak korban yang berjatuhan di negri-negri  para nabi itu, puluhan bahkan ratusan ribuan manusia sudah menjadi korban dari hasil proses reformasi besar-besaran tersebut. Indonesia sudah lama melakukan hal yang baru dilakukan Negara-negara padang pasir, itu membuktikan bahwa Indonesia jauh lebih demokrasi dibandingkan Negara-negara arab.
Itu adalah suatu bukti yang mutlak, bahwa rakyatlah yang seharusnya memegang kekuasaan tertinggi di Negara, dan KAMMI yang dilahirkan dari rahim mahasiawa dan rakyat, sangat berperan penting dalam melakukan proses reformasi di Indonesia 1998 hingga tak terlepas dari catatan sejarah hingga kini.
14 tahun sudah KAMMI berkarya  dan mengabdi  untuk sang pertiwi  hingga menjadi organisasi yang berperan aktif dalam proses reformasi hingga sekarang. Semoga dengan hadirnya KAMMI di seluruh perguruan tinggi menjadi alternatif untuk belajar menajadi mahasiswa yang berkarakter Islami hingga  terus mempersembahkan karyanya  serta pengabdiannya untuk Indonesia. AMIN. 
Share this article :

0 komentar:

KAMMI BABEL

Foto saya
Pengurus Komisariat KAMMI Depati Amir Bangka Belitung. Berdiri Januari 2012 (belum satu tahun), terus bergerak untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Bangsa.

Anda Pengunjung ke


web counter