Home » » Kenaikan BBM

Kenaikan BBM

Written By KAMMI BABEL on Sabtu, 10 Maret 2012 | Sabtu, Maret 10, 2012


KENAIKAN BBM
Syamsiyah
Anggota KAMMI Babel
Masyarakat Indonesia kembali disibukkan oleh keinginan pemerintah menaikkan harga BBM. Jika penurunan harga BBM menjelang Pemilu 2009 diklaim sebagai keberhasilan penguasa, kenaikan harga komoditas hajat hidup orang banyak kali ini disebabkan oleh, kata Pemerintah, kenaikan harga minyak internasional dan subsidi salah sasaran bersamaan dengan penurunan produksi minyak mentah nasional.
Rencana kenaikan harga bahan bakar minyal per 1 April mendatang menuai pro dan kontra dari berbagai lapisan masyarakat. Sebagian kalangan mendukung, sebagian lainnya menolak keras. "Dampak kenaikan BBM sudah dirasakan masyarakat bawah, dari mulai kenaikan bahan-bahan pokok juga kelangkaan premium, belum lagi adanya mata rantai mafia yang mengambil keuntungan dari isu kenaikan BBM ini.
Di setiap media masa entah itu di media elektronik seperti Televisi dan Radio dan juga media cetak tentunya, setiap hari memberitakan kenaikan harga BBM yang naik sampai Rp. 1500.
seperti diberitakan di sebuah media cetak (koran) pada pagi hari ini sejarah kenaikan BBM terulang kembali dengan kenaikan dampai Rp. 6000/liter yaitu pada tahun 2008.
di beberapa media cetak dengan judul headline yang berbeda-beda, kita menangkap satu informasi yaitu kekhawatiran masyarakat dari tingkat bawah sampai atas, memberikan sinyal yang kurang mendukung atas kenaikan BBM, rakyat bawah kemungkinan tidak dapat menghindari dampak kenaikan BBM kepada harga sembako, pasti akan naik juga.
di tingkat menengah kenaikan BBM akan menambah ongkos untuk pembelian bensin, karena mereka rata-rata mempunyai kendaraan seperti mobil dan motor. pada tingkat atas pasti mereka akan mengantisipasi kenaikan BBM ini terhadap biaya produksi pada perusahaan yang mereka miliki.
berita kenaikan BBM bukan melulu menjadi berita yang mulai meresahkan tapi kita juga harus mencari solusi dan jalan keluar karena ini tidak dapat kita hindari, pada media masa nasional mengangkat berita yang cukup menarik yaitu peluang investasi di tengah kenaikan BBM, ini berita yang akan membuat para pembacanya berhenti sejenak hingga mereka akan mengerti dan berfikir untuk dapat bertahan dan membuat inovasi dengan kenaikan BBM ini, kita harus dapat mencari manfaat dari kenaikan BBM ini, bahwa kita harus tetap bisa bertahan dan mungkin membuat keuntungan dari kenaikan BBM ini.
Presiden SBY sudah menyampaikan kabar perihal rencana kenaikan harga BBM. Besaran kenaikannya sekitar 500-1500 rupiah. Kebijakan ini dilakukan karena harga minyak mentah dunia yang mencapai angka 130 dollar per barrel, akibat dampak krisis di Suriah, Iran dan Timur Tengah pada umumnya serta krisis ekonomi yang melanda Eropa dan Amerika. Dan faktor meroketnya harga minyak dunia ini berakibat sangat memberatkan keuangan negara, karena dengan sendirinya beban subsidi menjadi sangat besar, dan  tentu akan membuat postur APBN menjadi tidak sehat.
Menaikan harga BBM dipastikan bukanlah kebijakan yang populer secara politik, dan itu disadari betul oleh pemerintah termasuk oleh Presiden SBY, karena hal tersebut pasti akan menimbulkan penolakan serta serangkaian aksi protes. Demonstrasi mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya akan pecah di berbagai daerah. Namun jika hal itu sudah di putuskan oleh pemerintah, rakyat hanya bisa pasrah. Menerima saja, sambil memikirkan cara untuk bisa menambah pendapatan, demi menyesuaikan diri dengan dampak ikutannya. Pengeluaran untuk resiko rumah tangga pasti bertambah, karena harga-harga sembako tanpa dikomando pasti aka ikut terkerek. Biaya transportasi pasti bertambah, karena ongkos angkutan otomatis naik juga.
Jika tak mampu menambah penghasilan, maka bentuk penyesuaian dirinya paling menurunkan kadar makanan yang kita makan. Apakah dengan mengurangi porsi makan atau merubah menu. Jika biasanya kita makan sehari 3 kali, maka jadi dua kali saja. Jika menu selama ini dengan daging dan telur, maka cukup saja dengan tahu tempe tiap hari, Jika selama ini pagi-pagi disuguhi susu hangat atau teh manis. Ya sekarang cukup segelas teh hangat saja tanpa gula. Jika sebelumnya kalau sakit bisa langsung ke dokter, ya sesudah kenaikan harga BBM cukup beli obat di warung saja.
Presiden mengeluarkan kebijakan dan mendapat tantangan di masyarakat, tapi tidak mungkin bisa jatuhkan presiden. Kalau ada orang yang manfaatkan kenaikan BBM untuk melakukan manuver politik, itu bisa saja. Tapi tidak sampai gulingkan Presiden. Tidak perlu ada kekhawatiran seperti itu," terang Akbar.
Seperti yang diketahui, menjelang kenaikan harga BBM mulai April nanti sejumlah isu beredar bahwa akan terjadi demo besar-besaran maupun tindakan anarkis untuk menuntut SBY-Boediono turun dari kursi pemerintahan. Hal ini karena kenaikan harga BBM dikhawatirkan akan menambah kemiskinan, termasuk penderita gizi buruk.
Sejumlah elemen masyarakat sejauh ini telah melakukan sejumlah aksi unjuk rasa di berbagai daerah untuk meminta pemerintah untuk membatalkan kenaikan harga BBM.  Terlebih lagi, rencana kenaikan BBM per 1 April 2012 mendatang itu bertentangan dengan konstitusi UUD 1945 Pasal 33 Ayat (3) dan kebijakan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi yang diatur dalam UU RI No. 22 Tahun 2011 tentang APBN 2012. Setiap kali BBM akan dinaikan, asumsi dan logika pemerintah tidak pernah berubah. Dari dulu selalu bersandar pada kenaikan minyak dunia, dan semakin beratnya beban subsidi yang harus ditanggung. beberapa alasan klasik pemerintah menaikkan BBM. Pertama, harga minyak dunia melebihi angka USD100, asumsi harga minyak di APBN 2011 pada angka USD80 per barel.Jika harga minyak mencapai USD100 per barel, dibutuhkan tambahan subsidi sebesar Rp64 triliun. Kemudian, lifting (minyak siap jual) Indonesia anjlok jauh di bawah target APBN (898 ribu barel per hari / target, APBN-P 2011 945 ribu barel per hari). Impor minyak mentah Indonesia 280 ribu barel per hari, impor BBM 499 ribu barel per hari, total impor minyak dan BBM Indonesia perhari mencapai 779 ribu barel. Seharusnya pemerintah melakukan beberapa hal untuk meningkatkan pendapatan negara dari sektor migas tanpa harus mencabut atau mengurangi subsidi.
Saat ini DPR dan pemerintah sedang menggodok besaran nilai kenaikan BBM premium dan solar. Pemerintah mengajukan angka Rp 6.000 per liter untuk premium dan solar. Keputusan pemerintah untuk menaikkan harga BBM berkaitan dengan membengkaknya beban subsidi yang disebabkan oleh lonjakan harga minyak mentah dunia.


Share this article :

0 komentar:

KAMMI BABEL

Foto saya
Pengurus Komisariat KAMMI Depati Amir Bangka Belitung. Berdiri Januari 2012 (belum satu tahun), terus bergerak untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Bangsa.

Anda Pengunjung ke


web counter