Home » » Pro dan Kontra Rencana Pembangunan PLTN Bangka Belitung

Pro dan Kontra Rencana Pembangunan PLTN Bangka Belitung

Written By KAMMI BABEL on Sabtu, 10 Maret 2012 | Sabtu, Maret 10, 2012


Pro dan Kontra Rencana Pembangunan PLTN Bangka Belitung
Yogi Haryadi
Anggota KAMMI Babel

          Menanggapi isu yang hangat bagi seluruh masyarakat Bangka Belitung saat ini tentang rencana Pembangunan PLTN di Bangka Belitung. Di berbagai media baik lokal maupun nasional juga telah dipaparkan rencana itu, yang mana sudah mendapatkan dukungan Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pro dan kontra atas rencana itupun berkelanjutan hingga saat ini kemudian tak kunjung usai dalam permasalahan tersebut.
           Pembahasan topik ini begitu hangat ditelinga seluruh masyarakat Bangka belitung bahkan sebelum Bencana Nuklir fukhusima di Jepang terjadi. Berbagai seminar, Diskusi, musyawarah telah terjadi. Yang menarik adalah selain pemerintah daerah dan pusat yang katanya sudah bersinergi untuk pembangunan PLTN ini, ternyata Lembaga BATAN sedang mempersiapkan pelaksanakan studi kelayakan (pengkajian mendalam) untuk pengembangan Nuklir di Bangka Belitung. 
  • Akibat Nuklir fukhusima dan pengaruh PLTN di Bangka Belitung
           Tetapi, ada suatu kejadian berita luar biasa lainnya yang menurut saya akan sangat berpengaruh atas rencana pembangunan PLTN di Bangka Belitung. Ya tepat, Bencana Gempa yang terjadi di Fukhusima. ternyata membawa dampak lain yang sangat mengkhawatirkan seluruh masyarakat dunia selain munculnya bencana Tsunami yang mengerikan. Jepang yang kita kenal sudah memiliki teknologi modern atas berbagai infrastruktur dan SDM yang handal memiliki masalah baru ; yaitu Bencana NUKLIR. Bencana Nuklir di fukhusima saat ini sudah sampai pada tahap sangat berbahaya, setelah beberapa basis PLTN mengalami efek Gempa dan Tsunami itu. Reaktor yang meledak dan pelepasan bahan radio aktif di udara dan penyebarannya sudah melewati ambang batas normal bagi kesehatan manusia.
           Jadi, Nuklir di fukushima yang notabene sudah memiliki teknologi canggih pun kini merasakan sulitnya menangani bencana itu. Besarnya bahaya radiasi yang ditimbulkan pun membuat seluruh pihak di dunia saat ini berpikir ulang atas pengelolaan sebuah Teknologi Nuklir. Amerika Serikat dan Negara eropa lainnya pun tidak kalah khawatir atas bencana tersebut. Walaupun sudah pernah terjadi kejadian meledaknya Reaktor Nuklir CHERNOBYL di Rusia , jadi Bencana Nuklir di fukushima tidaklah sama tingkat kasusnya. Bencana Nuklir di fukushima saat ini sudah menjadi bencana hampir seluruh Negara didunia. 
        Sebenarnya, untuk saat ini menurut pendapat saya akan lebih baik bila hal itu dikaji ulang dan belajar dari pengalaman Negara - negara yang sudah mengaplikasikan Teknologi Nuklir itu. Masih banyak yang harus dipertimbangkan untuk meningkatkan Ketahanan Energi Nasional. Sebagai pemanfaatan sumber daya alam untuk kebutuhan itu masih terdapat banyak pula sumber daya alam yang melimpah untuk dikembangkan lebih maksimal. Seperti memaksimalkan PLTU, PLTD, PLTA dan berbagai sumber lainnya.

            Suatu waktu bila kita telah benar-benar dibangun PLTN, baik sarana prasarana, teknologi, SDM, dan lain-lainnya.  bukanlah mustahil dilakukan. Kenapa Tidak ? Tinggal bagaimana kita memberikan informasi yang benar - benar akurat dan tidak ada pembohongan kepada seluruh masyarakat.  Dan masa itu pun akan datang pada waktunya dan itu kita tunggu!!!! .… 
Mudah-mudahan sekelumit artikel ini dapat menjadi bahan untuk kita analisa. kita sebagai masyarakat Bangka Belitung bisa mengetahui manfaat positif dan Negatif !!!!! yang penting dimulai dari kita dulu kemudian kita menilai setuju atau tidak Pembangunan PLTN di Bangka Belitung!!!!!
Share this article :

0 komentar:

KAMMI BABEL

Foto saya
Pengurus Komisariat KAMMI Depati Amir Bangka Belitung. Berdiri Januari 2012 (belum satu tahun), terus bergerak untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Bangsa.

Anda Pengunjung ke


web counter