Home » » Ancaman Dekadensi Moral Remaja

Ancaman Dekadensi Moral Remaja

Written By KAMMI BABEL on Kamis, 31 Mei 2012 | Kamis, Mei 31, 2012

Tonnie Melfiansyah
Ketua Komisariat KAMMI Depati Amir Bangka Belitung

Beberapa pekan yang lalu, senter terdengar kontroversi kedatangan Lady Gaga. Penyanyi yang berasal dari amerika serikat berencana akan konser di Jakarta. Kedatangan lady gaga di Indonesia menuai beberapa kontroversi dari berbagai kalangan. Banyak kalangan yang memprotes kedatangan Lady gaga Merupakan Ancaman bagi kebudayaan bangsa Indonesia yang berdampak langsung kepada moral Bangsa ini.

Bangsa Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang ber budaya timur seakan tergoncang dengan kehadiran Lady Gaga. Berbagai sikap dan pernyataan datang dari berbagai pihak baik dari MUI ( Majelis Ulama Indonesia ) dan berbagai ormas islam. Tidak hanya di Indonesia, Kontroversi dan protes dating dari berbagai Negara Asia, Seperti contoh di seoul korea selatan. Kedatangan Lady Gaga juga menuai protes dari kalangan umat Kristen karena di nilai menghina ajaran agama Agama Kristen dan dianggap sesat.
Setelah menuai kontroversi selama dua minggu, Penyanyai yang bernama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta ini akhirya memutuskan tidak jadi tampil di Indonesia.keamanan yang menjadi Alasan utama di batalkan nya konser tersebut.Bagi sebagian kalangan, dengan dibatalkannya konser Lady Gaga adalah sesuatu kebahagian tetapi tidak sedikit juga orang yang kecewa atass pembatalan tersebut.
Masalah Lady Gaga setidaknya sudah berakhir, Kontroversi kedatangan Lady Gaga telah berakhir seiring dengan di batalkannya konser di Indonesia. Tetapi Masalah yang kita hadapi saat ini yang berkaitannya dengan moral dan kebudayaan bangsa ini tidak hanya itu. Ada salah satu masalah yang kita hadapi saat ini yaitu “ Dekadensi Moral Remaja”.
Dekadensi berasal dari kata dekaden yang berarti keadaan merosot dan mundur dan moral atau akhlak. Dengan demikian, dekadensi moral merupakan atau bermakna kondisi moral yang merosot / jatuh atau sementara mengalami kemunduran. Kemunduran dan kemorosatan yang terus menerus sengaja atapun tidak sengaja terjadi serta sulit untuk diangkat atau diarahkan menjadi seperti keadaan semula atau sebelumnnya.
Kemorosatan ( dekadensi ) moral remaja saat ini sangat memprihatikan. Di berbagai banyak daerah sering kita mendengar dari mulai bentrok, pemakain Narkoba, curanmor dan lainnya. Yang notabene pelakunya adalah remaja. Sungguh ironis kalau kita melihat kondisi remaja saat ini. Dimana kalau kita melihat posisi meraka dalam bangsa ini, diharapkan sebagai generasi penerus yang pada konsep adalah generasi yang menerima estapet kepemimpinan negeri ini.
Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Secara klasifikasi penggolongan usia, sebenarna remaja tidak  memiliki tempat yang khusus. karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa ataupun tua. Masa remaja yang juga sering disebut masa peralihan, yang prosenya ditempuh oleh seseorang dari kanak-kanak menuju dewasa. Atau dapat di istilahkan juga masa remaja adalah perpanjangan masa kanak-kanak sebelum bisa mencapai masa dewasa. Anak-anak jelas kedudukannya, yaitu yang belum dapat hidup sendiri, belum matang dari segala segi, tubuh masih kecil, organ-organ belum dapat menjalankan fungsinnya secara sempurna, kecerdassan, emosi dan hubungan sosial ( muamalah ) belum selesai.

Dinamika Remaja Saat ini
Permasalahan yang dialami remaja dewasa kian komplek, seiring dengan perkembangan Teknologi yang di ikuti arus globalisasi, babak baru permasalahan Remaja kian menjadi – jadi. Karakter remaja / pemuda dewasa ini sangat memprihatikan. Sebagai generasi yang special dalam lingkup kemasyarakatan, Pemuda / remaja memiliki peran yang sangat sentral. Bahkan ada ungkapan yang menyebutkan “ hitam kata pemuda,Hitamlah negeri. Putih kata pemuda putihlah negeri ini” pernyataan yang sekira dapat menjadi acuan bersama.
Dinamika permasalahan remaja yang kian komplek dewasa ini disebabkan berbagai factor, baik internal maupun eksternal. Tidak hanya itu remaja dewasa ini memiliki kecendrungan yang negatif. Kecendrungan – kecendrungan itu yang merupakan salah satu factor dominan terjadi Dekadensi moral saat ini. Selain itu, factor lingkungan, keluarga bahkan teman sepermainan.
Remaja – remaja bangsa ini kian memiliki warna dan ciri khas tersendiri, labeling itu pantas dimiliki remaja kita saat ini. Dimana kondisi remaja saat ini tidak lepas dari yang nama Narkoba, Tawuran / Bentrok, seks bebas ( free seks ), dan kenakalan yang lainnya. Kondisi begitu miris yang kita rasakan saat ini. Namun optimisme dan keyakinan yang di padu dengan kerja keras kita mampu mengatasi itu semua.

Mengembalikan Jati Diri Remaja Indonesia
Sebagai suatu bagian yang tak terpisahkan dalam kemasyarakatan. Remaja yang dalam kontek interaksi social memiki tempat atau fase dimana setiap individu manusia melewatinya. Di Negara Indonesia, juga sebagian besar penduduknya adalah kalangan remaja. Seiring permasalahan dekadensi moral terhadap remaja, butuh penangan yang sangat serius di semua lapisan masyarakat baik dalam konteks daerah maupun nasional. Mengembalikan jati diri remaja Indonesia seperti dulu merupakan suatu keharusan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk penyelamatan generasi bangsa ini.
Peran serta dari semua kalangan sangat dibutuhkan, baik itu keluarga, masyarakat dan bahkan pemerintah dalam mengatasi dekadensi moral. Keluarga diharapkan menjadi stimulan atau tahapan pertama dalam mengatasi dekadensi moral tersebut. Selain itu juga peranan Agama sangat diharapkan. Agama memiliki peran yang sangat sentral, memberikan efek yang juga dominan. Karena ruang lingkup Agama memiliki dimensi yang sangat luas dalam upaya mengatasi masalah ini.
Sehingga kita yakini bersama bahwa, mengembalikan jati diri Remaja kita bukanlah hal yang mustahil. Dan kita menyakini betapa pentingnya usaha tersebut. Mengingatm kondisi bangsa Indonesia saat ini…..
Share this article :

0 komentar:

KAMMI BABEL

Foto saya
Pengurus Komisariat KAMMI Depati Amir Bangka Belitung. Berdiri Januari 2012 (belum satu tahun), terus bergerak untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Bangsa.

Anda Pengunjung ke


web counter